Kubu-ayey, Berbagi apapun yang Pengmbang ketahui, Silahkan nikmati

Tuesday, 2 October 2012

jenis-jenis topologi jaringan


TOPOLOGI BUS





-         Topologi bus menghubungkan computer satu dengan lainnya secara berrantai dengan perantara suatu kabel yang umumnya berupa kabel tunggal jenis koaksial( coaxial ). Semua Node dihubungkan secara seri menggunakan kabel tersebut. Topologi bus umumnya tidak menggunakan suatu peralatan aktif untuk menghubungkan komputer. Oleh karena itu, pada ujung-ujung kabel koaksial harus ditutup dengan tahanan untuk menghindari pantulan yang dapat menimbulkan gangguan yang menyebabkan kemacetan jaringan.

Keuntungan menggunakan topologi bus, yaitu:
Hemat kabel dan harganya lebih murah, karena harga kabel yang digunakan lebih murah dan pada jaringan ini tidak dibutuhkan hub.
Layout kabel sederhana
Jika salah satu computer mati maka tidak akan menganggu komputer yang lain.
Mudah dikembangkan.



Kelemahan menggunakan topologi bus yaitu:
Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil
Lalulintas data yang padat sehingga sering terjadi tabrakan file data yang dikirim.
Apabila salah satu client rusak atau kabel putus maka jaringan tidak berfungsi


TOPOLOGI RING


-         Berbentuk rangkaian titik yang masing-masing terhubung kedua titik lainnya, sedemikian sehingga membentuk jalur melingkar membentuk cincin. Pada topologi cincin, komunikasi data dapat terganggu jika satu titik mengalami gangguan. Jaringan FDDI mengantisipasi kelemahan ini dengan mengirim data searah jarum jam dan berlawanan dengan arah jarum jam secara bersamaan.
-        

-         Topologi ring digunakan dalam jaringan yang memiliki performance tinggi, jaringan yang membutuhkan bandwidth untuk fitur yang time-sensitive seperti video dan audio, atau ketika performance dibutuhkan saat komputer yang terhubung kejaringan dalam jumlah yang banyak. 
-        

-         Cara Topologi Ring / Cincin Bekerja

Setiap computer terhubung ke computer selanjutnya dalam ring, dan setiap computer mengirim apa yang diterima dari computer sebelumnya. Pesan-pesan mengalir melalui ring dalam satu arah. Setiap komputer yang mengirimkan apa yang diterimanya, ring adalah jaringan yang aktif. Tidak ada akhir pada ring.

-         Kelebihan Topologi Ring :

* Hemat kabel
* Tidak akan terjadi tabrakan pengiriman data (collision), karena   *pada satu waktu hanya satu node yang dapat mengirimkan data


KelemahanTopologi Ring :

* Pekakesalahan, sehingga jika terdapat gangguan di suatu node                            * mengakibatkan terganggunya seluruh jaringan.
* Pengembangan jaringan lebih kaku
* Sulit mendeteksi kerusakan
* Dapat terjadi collision[dua paket data tercampur]
* Diperlukan penanganan dan pengelolaan khusus

TOPOLOGI STAR






-         Pada topologi Star, masing-masing workstation dihubungkan secara langsung ke server atau hub. Keunggulan dari topologi tipe Star ini adalah bahwa dengan adanya kabel tersendiri untuk setiap workstation ke server, maka bandwidth atau lebar jalur komunikasi dalam kabel akan semakin lebar sehingga akan meningkatkan unjuk kerja jaringan computer secara keseluruhan. Dan juga bila terdapat gangguan di suatu jalur kabel maka gangguan hanya akan terjadi dalam komunikasi antara workstation yang bersangkutan dengan server, jaringan secara keseluruhan tidak mengalami gangguan. Kelemahan dari topologi Star adalah kebutuhan kabel yang lebih besar dibandingkan dengan topologi lainnya.Kontrol terpusat, semua link harus melewati pusat yang menyalurkan data tersebut ke semua simpul atau client yang dipilihnya. Simpul pusat dinamakan stasium primer atau server  dan lainnya dinamakan stasiun sekunder atau client server. Setelah hubungan jaringan dimulai oleh server maka setiap client server sewaktu-waktu dapat menggunakan hubungan jaringan computer tanpa menunggu perintah dari server.

-         Keuntungan :
-          
-         Paling fleksibel
-         Pemasangan/perubahan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lain
-         Kontrol terpusat
-         Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan
-         Kemudahaan pengelolaan jaringan
-          
-         Kerugian :

-         Boroskabel
-         Perlu penanganan khusus
-         Kontrol terpusat (HUB) jadi elemen kritis

TOPOLOGI HIERARKI






-         Topologi pohon atau di sebut juga topologi hirarki dan bias juga di sebut topologi bertingkat merupakan topologi yang bisa di gunakan pada jaringan di dalam ruangan kantor yang bertingkat.
-         Pada gambar bias kita lihat hubungan antar satu computer dengan computer lain merupakan percabangan dengan hirarki yang jelas.sentral pusat atau yang berada pada bagian paling atas merupakan sentral yang aktiv sedangkan sentral yang ada di bawahnya adalah sentral yang pasif.
-         Kelebihan :
-          
-         § Koneksi secara langsung (point to point) pada segmen jaringan tunggal.
-         § Topologi jaringan ini didukung oleh beberapa vendor hardware dan software.
-          
-         Kelemahan :
-          
-         § Cakupan segmen jaringan tergantung dari kabel.
-         § Jika jalur backbone putus, seluruh segmen jaringan akan putus.
-         § Pengimplementasiannya suliT

TOPOLOGI MESH





-         Di antara topologi yang lain topologi mesh memiliki hubungan yang berlebihan antara peralatan-peralatan yang ada. Jadi susunannya, setiap peralatan yang ada didalam jaringan saling terhubung satusama lain. Dapat dibayangkan jika jumlah peralatan yang terhubung sangat banyak, tentunya ini akan sangat sulit sekali untuk dikendalikan dibandingkan hanya sedikit peralatan saja yang terhubung.
-         Instalasi Mesh
-         Kebanyakan jaringan yang menggunakan topologi mesh akan mengalami kesulitan dalam instalasi jika peralatan yang terhubung jumlahnya bertambah banyak, karena jumlah hubungan yang disambungkan semakin banyak jumlahnya. Jadi jika ada n peralatan (komputer) yang akan kita sambungkan, maka perhitungannya adalah n(n-1)/2. Jadi jika terdapat 5 komputer, maka hubungan yang akan dibuat sebanyak 5(5-1)/2 atau 10 hubungan. Jadi jika komputer yang terhubung semakin banyak maka semakin banyak pula hubungan yang akan diatur. Topologi ini cocok untuk digunakan pada sistem yang kecil.
-          
-         Keuntungan dari penggunaan topologi mesh:
-          
-         Keuntungan utama dari penggunaan topologi mesh adalah fault tolerance.
-         Terjamin nya kapasitas channel komunikasi, karena memiliki hubungan yang berlebih.
-         Relatif lebih mudah untuk dilakukan troubleshoot.
-         Topologi mesh mempunyai kekurangan sebagaiberikut:
-          
-         Sulitnya padasaatmelakukaninstalasidanmelakukankonfigurasiulangsaatjumlahkomputerdanperalatan-peralatan yang terhubungsemakinmeningkatjumlahnya.
-         Biaya yang besaruntukmemeliharahubungan yang berlebih



Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 comments

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© 2011 kubu-ayey
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top