Kubu-ayey, Berbagi apapun yang Pengmbang ketahui, Silahkan nikmati

Tuesday, 13 November 2012

Definisi Kulit


KULIT
Kulit merupakan lapisan tipis yang menutupi permukaan tubuh. Kulit sebagai alat pengeluaran, mampu mengeluarkan zat sisa tubuh dalam bentuk keringat. Keringat biasanya muncul karena kita melakukan kegiatan yang mengeluarkan banyak energi dan dalam keadaan suhu panas.













Epidermis (Kulit Ari)
Epidermis disebut juga kulit ari yang merupakan lapisan terluar dari kulit. Pada lapisan ini tidak terdapat pembuluh darah atau urat saraf. Oleh karena itu, apabila terluka tidak keluar darah bahkan tidak terasa sakit.
Kulit ari selalu diperbarui setiap 28 hari. Di permukaan kulit ari terdapat pori-pori tempat bermuara saluran kelenjar keringat. Batang rambut menembus kulit ari sehingga permukaan tubuh kita tampak ditumbuhi oleh rambut. Perhatikan gambar bagian-bagian kulit di depan.
Epidermis tersusun dari beberapa lapisan berikut.
  Lapisan Tanduk
Lapisan tanduk terdapat di bagian paling luar dari kulit. Lapisan ini terdiri dari sel-sel mati yang dapat mengelupas.
  Lapisan Malpighi
Lapisan Malpighi tersusun atas sel-sel yang senantiasa membelah membentuk sel-sel baru. Sel-sel baru ini didorong ke lapisan atasnya. Selain itu, lapisan ini juga mengandung pigmen yang member warna kulit. Warna pigmen ada bermacam-macam sehingga ada orang yang berkulit hitam, putih, sawo matang, dan kuning. Namun, ada beberapa orang yang Malpighinya tidak mengandung pigmen. Kelainan seperti ini disebut albino.

Dermis (Kulit Jangat)
Dermis (kulit jangat) terdiri atas jaringan ikat. Pada dermis terdapat otot penggerak rambut, pembuluh darah, pembuluh limfe, indra peraba, kelenjar minyak, dan kelenjar keringat.
Kelenjar Keringat
Kelenjar keringat berupa saluran melingkar dan bermuara pada kulit arid an berbentuk pori-pori halus. Dari kapiler darah, kelenjar keringat menyerap air dengan larutan NaCl dan sedikit urea. Air beserta larutannya dikeluarkan melalui pori-pori kulit, yaitu tempat air dikeluarkan dan merupakan penyerap panas tubuh. Kegiatan kelenjar keringat di bawah pengaruh pusat pengatur suhu badan dan sistem saraf pusat, kecuali pengeluaran keringat yang tidak rutin.
Pengeluaran keringat yang berlebihan menyebabkan kehausan dan sering terjadi lapar garam . Kegiatan kelenjar keringat dibawah pengaruh pusat pengatur suhu badan dan sistem saraf pusat. Pengeluaran keringat yang tidak rutin tidak dipengaruhi oleh saraf.
Adapun faktor yang dapat mempengaruhi pengeluaran keringat antara lain sebagai berikut.
Pancaran terik sinar matahari yang mengenai tubuh menyebabkan tubuh berkeringat. Keringat yang keluar  mengandung banyak larutan garam.
Pada waktu berolahraga, keringat yang keluar banyak sekali. Pengeluaran keringat banyak sebaiknya diimbangi dengan bayak minum air dan menambah garam pada makanan.
Rangsangan saraf yang kuat menyebabkan keringat yang keluar berlebihan. Proses rangsang saraf berhubungan dengan warna kulit yang memerah akibat pembuluh darah di lapisan dermis mengalami pengambangan.
Kehilangan banyak keringat berarti juga kehilangan garam-garam yang ada di dalam darah. Kehilangan banyak garam-garam dapat menyebabkan kekejangan dan pingsan .


Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 comments

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© 2011 kubu-ayey
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top