Kubu-ayey, Berbagi apapun yang Pengmbang ketahui, Silahkan nikmati

Sunday, 14 June 2015

Contoh Laporan Observasi Kesehatan Keselamata Kerja (K3)

PENERAPAN KESEHATAN KESELAMATAN KERJA PADA INDUSTRI PEMBUAT KAPAL

Kesehatan merupakan suatu mukjizat yang begitu penting yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa, kesehatan juga berperan penting dalam hidup kita untuk menghadapi kerasnya dunia. Tak sedikit dari orang-orang didunia rela untuk menghabiskan banyak uang untuk mendapatkan kesehatan yang selalu didambakan. Oleh karena itu, kita harus teliti dalam menjaga kesehatan yang sudah di berikan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Keselamatan dalam bekerja juga penting untuk menjaga kesehatan kita, oleh karena itu, kita juga harus berhati hati dalam melakukan sebuah pekerjaan. Di jaman yang sudah modern ini, Banyak Institusi, Pabrik atau industry kecil yang sudah menerapkan K3 (Kesehatan, Keselamatan Kerja) kepada banyak pegawai mereka, agar para pegawai mendapatkan Hak kesehatan yang layak yang harus didapatkan. Dan juga, tak jarang ada beberapa Institusi, Pabrik, atau Industri yang mengabaikan Penerapan K3 ini.  Lantas, bagaimanakah penerapan K3 Pada Industri pembuatan kapal komersial ?. memang banyak yang belum mengetahui tentang penerapan K3 pada industry ini, mungkin karena tempat yang jauh dari keramaian atau jarangnya industry ini terekspos oleh media.
Saya sudah melakukan kegiatan observasi ke sebuah Industri pembuatan kapal yang terletak di Kabupaten klungkung, tepatnya di daerah Pesinggahan. Di daerah itu, terdapat sebuah Industri pembuatan kapal, yang biasanya membuat kapal nelayan, komersial, maupun kapal pribadi, seperti Indusri pembuatan kapal pada umumnya. Tempat Industri ini lumayan besar namun cenderung agak tertutup, entah itu agar pegawai bisa lebih tenang untuk bekerja atau agar mereka bisa menjaga kerahasiaan bahan bahan untuk membuat kapal versi mereka. I Dewa Adnyana, selaku penanggung jawab dari Industri ini memberi penjelasan tentang apa saja yang ada di Tempat Industri ini. Industri pembuatan kapal ini sudah berdiri sekitar 5 tahun silam, dan memiliki sekitar 28 pegawai, yang terdiri dari 25 pegawai luar dan 3 pegawai dalam.
Untuk keselamatan dan kesehatan pekerja di Industri ini,  biasanya pemilik industry sudah menyiapkan masker untuk para pekerja, agar kesehatan pernapasan mereka terhindar dari debu-debu hasil dari sisa serut kayu, dan fiber, serta bau cat yang tentu tidak menyehatkan bagi pernapasan, yang biasanya digunakan untuk bahan pembuatan kapal. Namun, pada saat observasi, sama sekali tidak terlihat akan adanya kotak P3k yang seharusnya disiapkan ketika pengerjaan sedang berlangsung. Seperti yang kita ketahui, kotak P3K mengambil peran yang penting dalam keselamatan kerja, karena berisikan alat-alat dan obat untuk memberikan perlindungan dini pada kecelakaan kerja yang sewaktu-waktu bisa terjadi. Kebersihan pada tempat kerja juga berperan penting bagi kesehatan, namun kebersihan di Industri ini cenderung masih kurang. Banyaknya limbah yang berhamburan, dan terkesan kumuhnya tempat sanitasi bagi pekerja disana. Kebersihan sanitasi memang sangatlah penting bagi kesehatan pekerja, karena tempat kebersihan sanitasi berfungsi untuk membersihkan bagian tubuh para pekerja dari debu, dan kuman kuman setelah melakukan pekerjaan. Tidak hanya itu, mayoritas dari para pekerja sama sekali tidak menggunakan alat pengaman, mereka hanya menggunakan masker sebagai pelindung pernapasan. Itu jelas membahayakan diri mereka sendiri karena tidak menggunakan alat keamanan dengan sebagaimana mestinya, dan juga mereka cenderung bersikap acuh tak acuh kepada diri dan kesehatan mereka sendiri. Untuk bagian asuransi keselamatan kerja, seperti Jamsostek atau BPJS Kesehatan, industry ini ternyata belum memiliki asuransi keselamatan kerja. Padahal, jika kita ketahhui, Asuransi keselamatan kerja, adalah jaminan bagi para pekerja agar mereka mendapat jaminan kesehatan ketika mereka mendapat suatu kecelakaan, atau hal yang tidak diinginkan yang berhubungan dengan kesehatan dalam bekerja. Namun, I Dewa Adnyana selaku penanggung jawab dari industry ini mengatakan bahwa, perusahaan sudah mulai memproses asuransi keselamatan kerja, dan Beliau mengatakan dalam waktu dekat ini, para pekerja akan mendapatkan jaminan kesehatan. Sang penanggung jawab pun mengatakan bahwa, walaupun perusahaan ini belum memiliki asuransi keselamatan kerja, perusahaan ini tetap akan menanggung biaya perawatan, dan penyembuhan para pekerja, jika terjadi hal-hal yang diinginkan. Dia mengatakan, bahwa perusahaan menjamin keselamatan setiap pegawai. Beliau juga mengatakan bahwa selama 5 tahun perusahaan industry ini berdiri, sama sekali belum pernah mengalami kecelakaan kerja pada pegawai mereka. Namun, kita  juga pasti mengharapkan agar keselamatan dan kesehatan para pekerja di industry ini tetap terjaga.

Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 comments

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© 2011 kubu-ayey
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top